MUZARA'AH ( GADEAN ATAU PAROAN )


Assalamu’alaikum..
Alhamdulillah kali ini InsyaAllah kita akan memebahas sedikit apa itu Paroan Sawah atau Ladang…
Seperti yang terjadi sekarang ini.. masalah Paroan atau Muzara’ah adalah hal biasa yang umum terjadi di kalangan petani.. namun adanya Muzara’ah masih jadi perbincangan apakah itu diijinkan oleh syariat agama atau tidak.
            Nah Karena itu penulis mencoba membagi sedikit gambaran apa itu muzar’ah.. hasil contek dari buku sih,, namun tenang aja.. bukunya resmi ko.. tidak abal-abal, sambil nyaluran hobi ngetik diposting diblog.. skalian tambah wawasan dan pengetahuan.. kalo luangkan waktu untuk sengaja baca.. kan susah banget.. yaa disalurindeh ke hobi.. Sambil menyelam minum es teh,, Hehehe..
Langsung aja dari pengertiannya.. :
            Muzara’ah adalah kerjasama antar pemilik sawah/lading dengan pengarap, dengan pembagian hasil menurut perjanjian, benihnya dari penggarap.
            Kerjasama semacam ini rata-rata berlaku dalam tanaman yang harga benihnya murah seperti : Padi, gandum, jagung, kacang tanah dan sebagainya.
            Sabda Rasulalloh SAW. Yang rtinya :
Sesungguhnya Rasulalloh SAW. Menyerahkan kepada orang-orang Yahudi Khaibar kebun kurma Khaibar dan tanah-tanahnya dengan perjanjian mereka akan kerjakan dengan modal mereka dan buah mereka separoh daripada buahnya, ( H.R.Muslim )
“Sesungguhnya Rasulalloh SAW. Melarang bermuzar’ah, dan beliau memerintahkan dengan sewa menyewa saja”.
Sebagian ulama berpendapat, bahwa bermuzara’ahpun tidak ada halangannya seperti tersebut diatas, berdasarkan hadits Nabi SAW. Yang artinya :
Dari Ibnu Abbas RA. Ia berkata :   bahwa Nabi Muhammad SAW. Tidak mengharamkan bermuzara’ah, bahkan beliaumenyuruhnya supaya yang sebagian saling menyayangiyang sebagiannya, dengansbdanya  :  “ Barang siapa yang memiliki tanah, hendaknya ditanaminya,atau diberikannya manfaatnya kepada Saudaranya, dan jika ia tidak mau, bolehlah ditahannya saja tanah itu, “ ( H.R.Bukhari dan Muslim )
            Muzara’ah ialah seseorang menyuruh orang lain untuk menggarap sawah atau ladangnya untuk ditanami apa saja, dan benihnya dari yang punya tanah, dengan perjanjian hasilnya seperdua atau sepertiga untuk yang menggarapa tanah itu.
            Muzara’ah sangat dianjurkan oleh Agama, asal tidak menimbulkan perselisihan atau percekcokan diwaktu panen,
Tetapin jika jika dikhawatirkan timbul percekcokan diwaktu panen, maka sebaiknya penggarpan tanah itu dengan jalan sewa-menyewa  yang patut, dan buka hasil bagidari penggarapan tanah.


sekian untuk postingan kali ini.. semoga bermanfaat dan bagi penulis ini semua menjadi ilmu yang bermanfaat.. Aaaamin..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MUZARA'AH ( GADEAN ATAU PAROAN )"

Posting Komentar